Book Review

“Happy Little Soul” by @retnohening

Mayesa Hafsah Kirana, dia dikenal dari akun Instagram ibunya yang bernama @retnohening. Kayanya semua udah pada tau sama Kirana yah, hehe. Bulan April lalu Ibuk merilis bukunya yang berjudul “Happy Little Soul“. Buku ini berisi mengenai pengalaman Ibuk mulai dari hamil hingga membesarkan Kirana sampai saat ini.

kiranaAkun instagram Ibuk @retnohening https://www.instagram.com/retnohening/?hl=id

Oh ya, pada bagian awal buku terdapat cerita Ibuk yang pernah keguguran sebelum beliau akhirnya hamil Kirana. Ibuk sempat sedih dan khawatir tidak bisa hamil lagi setelahnya. Buat calon ibu dan para ibu pasti taulah ya rasanya 🙂

Buku ini memuat banyak cerita mengenai keseharian Kirana, tentang penyakit eksim yang dideritanya sejak bayi, waktu tidurnya yang “terbalik”, dan banyak lagi. Poin plusnya, Ibuk menyertakan beberapa langkah membuat mainan yang ramah anak dan ramah di kantong, hahaha. Bahan-bahannya mudah didapat, dan tidak kalah edukatif dengan mainan yang dijual di toko. 

Melalui buku ini, aku menjadi semakin mengerti mengenai kompleksnya dunia seorang Ibu. Mama pernah bilang, “Begitu kamu menjadi seorang istri, kamu secara natural akan lebih kuat dan tangguh menghadapi banyak kejadian yang akan datang. Peranmu akan ganda, bahkan lebih.” Menjadi seorang Ibu berarti berkorban. Mengorbankan waktu, pikiran dan badan demi kelangsungan hidup anggota keluarga. Ah, Ibu…. pantas saja Allaah umpamakan surga berada di telapak kakimu.

Di lain sisi, aku merasa Ibuk agak minder dalam menulis. (Siapa sih yang nggak bakalan minder menulis buku, apalagi seorang Ibuk yang memiliki puluhan ribu followers di dunia maya. Komentar netizen pasti akan beragam). Ibuk pernah mengatakan bahwa dia bukanlah seorang yang berprestasi dan merasa tidak pantas untuk menulis pengalaman hidupnya, karena dia bukan siapa-siapa. Tapi untungnya editor buku Ibuk justru menyemangatinya dan menguatkan bahwa untuk menulis dan berbagi pengalaman tidak perlu menjadi orang hebat terlebih dahulu. Ah, padahal yang aku tahu, semua Ibu (dan calon Ibu) itu hebat.

Sedikit berkomentar, buku “Happy Little Soul” ini memiliki banyak peminat dan cenderung menjadi buku yang kekinian dan instagramable. Tapi nggak apa-apa, sisi baiknya, khalayak jadi lebih paham bahwa proses menjadi seorang Ibu tidaklah mudah. Terlepas dari pro-kontra yang ada mengenai ibu-ibu a.k.a mahmud yang mengunggah foto dan video anak-anaknya di dalam media sosial, semoga kelak calon ibu ini dapat menjadi ibu yang terbaik dan mampu membesarkan buah hati yang membanggakan . Aamiin 🙂

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s