A life

Khalid Basalamah Frequently Asked Questions (Part I – note)

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Semoga apapun yang ditulis di sini tidak menjadi sumber perdebatan. I noted this for myself, my reminder. Kenapa di blog? Karena blog ini insyaAllah tidak hilang dan bisa diakses kapan saja selagi punya akses internet. Hehe, kata-katanya terlalu formal yah..

FAQ Ustad Khalid ini aku kumpulkan dari beberapa video di akun official YouTube beliau. Silakan cek di sini 🙂

So, here goes..

1. Apakah keutamaan shalat Dhuha?

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa shalat Dhuha 4 rakaat, maka Allah akan penuhi hajatnya di hari itu.”

Jumlah rakaat shalat Dhuha bisa 2 rakaat, 4 rakaat, hingga 8 rakaat.

2. Apakah kaum laki-laki boleh menggunakan jam tangan berlapis emas?

Tidak boleh, karena dalam hal ini lapisan emas bukanlah suatu keharusan yang dapat mendatangkan kerugian jika kita tidak menggunakannya.

Sesuai firman Allah dalam QS Luqman: 18 juga menyatakan dengan tegas bahwa tidak ada sedikitpun celah bagi manusia untuk membanggakan diri. Penggunaan emas dianggap sudah menyalahi aturan penggunaan, karena penggunaan jam tangan adalah untuk mengetahui waktu, dan emas sama sekali bukan bagian dari pengingat waktu, melainkan hanya untuk memperindah. Nauzubillahimindzalik.

وَلَا تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمْشِ فِى ٱلْأَرْضِ مَرَحًا ۖ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ

“Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS.Luqman:18).

Selain itu dalam sebuah hadits, Ali bin Abi Thalib ra pernah melihat Rasulullah SAW mengangkat sutera di tangan kanannya dan emas di tangan kirinya sambil bersabda, “Dua jenis ini haram bagi umatku yang laki-laki.” (HR. Ahmad, Abu Dawud dan An-Nasa’i)

3. Bolehkah wanita yang sedang haid membaca/mempelajari Al-Qur’an?

Boleh.

Di zaman yang serba canggih saat ini, sangat banyak kemudahan yang kita dapatkan untuk beribadah kepada Allah. Banyaknya aplikasi smartphone yang berisikan tafsir Qur’an, kisah-kisah Nabi dan Rasul, doa pagi-sore, dll. Wanita haid pun diperbolehkan untuk menggunakannya.

Hal yang tidak diperbolehkan adalah menyentuh Al-Qur’an secara fisik. Hal ini sesuai firman Allah dalam QS. Al-Waqi’ah: 79

لاَ يَمَسُّهُ إِلاَّ الْمُطَهَّرُونَ
“Tidak ada yang menyentuh (Al-Qur’an) kecuali mereka yang telah disucikan.” (Al-Waqi’ah : 79)

4. Bolehkah berdoa ketika sujud dalam shalat, setelah membaca doa sujud, seperti doa keselamatan dunia akhirat, doa kedua orangtua, dan doa-doa lainnya yang sesuai sunnah?

Boleh, jika di luar shalat wajib.

Karena di dalam shalat wajib sudah terdapat doa-doa yang dikhususkan untuk dibaca ketika sujud.

Sedangkan saat shalat sunat, kita dapat menyebutkan doa apa saja menggunakan bahasa apa saja, dengan harapan Allah ijabah doa-doa tersebut.

Rasulullah bersabda, “Jika kalian rukuk agungkanlah Allah, jika sujud perbanyaklah doa. Karena sangat jarang doa ditolak dalam sujud.”

Ada seorang murid Abdullah bin Umar ra yang diberi gelar As-Sajjad karena ia sangat gemar berdoa dalam sujud (dalam shalat sunnah), sampai keningnya hitam dikarenakan ia sujud sangat lama sampai dirasa hajatnya telah tersampaikan.

Wallahu’alam bisshawab.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s