A life · Uncategorized

Logika yang Baper

Kenapa mencariku di masa lalu? Jelaslah aku tak lagi disana. Kenapa mencariku di masa depan? Jelaslah aku hanya menuju kesana, belum tentu aku pasti disana. Mencariku di masa kini juga bukan ide yang baik. Lalu?

Masa lalu saya adalah milik saya, masa lalu kamu adalah milik kamu. Masa depan….” – BJ. Habibie (silakan googling sendiri kalimat lanjutannya). Kemudian aku ingin mengutip kalimat Mas Gun, “Mengapa mencarinya di masa lalu? Bukankah ia sudah sangat sulit untuk sampai kesini dan menjadi lebih baik?”.

Mencari seseorang di masa lalu hanya sebagai pelajaran buatku. Pelajaran bahwa aku tidak punya hak untuk mendikte masa lalu siapapun, karena, yah, aku pun begitu sulit untuk mencapai saat sekarang. Pelajaran bahwa proses lagi-lagi menjadi hal terpenting. Aku yakin, ada kepahitan di dalamnya. Ada kesulitan menyelaraskan perasaan dan logika. Ini yang aku bilang proses. Iya, logika yang baper.

Don’t judge her for who she was, rather accept her for who she is now.” Terdengar egois buatku. Tapi tidaklah buruk jika mengharap kebaikan di masa sekarang dengan diri yang senantiasa berbenah. Karena itu, maukah menerima keadaan di masa lalu? Hal yang penting buatku adalah berdamai dengan masa lalu sebelum menggenggam masa sekarang dan masa depan.

Berteman dengan siapapun -dengan masa lalu seindah dan seburuk apapun-, kemudian menemukan satu titik kebaikan yang sama dari mereka. Ya, mereka hanya ingin membaik.

Aku hanya sedang menuju masa depan, yang entah nanti seperti apa. Aku hanya sedang menyiapkan sebuah tujuan, yang entah nanti sesuai adanya. Aku nyatakan tujuanku kepada beberapa orang dengan harapan mereka akan mendoakan. Aku yakin mereka tulus, sehingga kelak ketika tujuanku berbelok arah, mereka lah yang akan menguatkan. Adalah mereka, yang memutuskan akan tetap mengenalku atau tidak dengan masa lalu, masa kini, dan masa depanku yang entah seperti apa.

Tulisan lama dengan sedikit perubahan sesuai keadaan. Februari 2013.

Leave a Reply

