A life · Uncategorized

Berdamai dengan Masa Lalu

Tentang pembicaraan dengan seorang teman siang ini. Kami, selayaknya fresh graduate lain yang sedang berusaha mengembangkan diri. Sedang berupaya menerka jalan mana yang terbaik untuk diri masing-masing, sibuk mempersiapkan ini itu, sibuk dengan pikiran dan tujuan yang ingin dirancang.Kemudian kami berbicara mengenai seleksi masuk salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Yah, bukan hanya perguruan tinggi itu saja sih, namun perguruan tinggi manapun tentu memiliki standar masing-masing untuk memilih kandidat mahasiswa nya. Ada yang melalui motivation letter, Tes Potensi Akademik (TPA), TOEFL, Psikotes, Leaderless Group Discussion (LGD), Wawancara, dll. Rata-rata perguruan tinggi ini menggunakan metode wawancara sebagai salah satu penentu kelulusan kadidat mahasiswanya. Kenapa?

Dalam wawancara biasanya dibahas mengenai diri interviewee, motivasi, harapan, serta pengalaman-pengalaman. Nah, disini aku tentunya belum berpengalaman untuk membahas mengapa kebanyakan orang gagal dalam tahap wawancara. Tapi berusaha untuk menganalisa secara logika dan rasa (?)

Seseorang akan memiliki self confidence yang tinggi jika mereka yakin akan kemampuan dirinya. Hal ini  termanifestasi dari cara mereka berperilaku, bersikap serta tatapan matanya. Ada yang matanya cenderung meredup ketika ditanya mengenai sesuatu, mantan, contohnya :p

Ada sesuatu yang mungkin membuat kamu meredup? Aku pun begitu. Tapi belakangan aku menyadari, bagaimana mungkin bisa menjadi panutan orang banyak, jika diri sendiri saja belum berhasil dikalahkan? Bukankah manusia dikatakan mampu beraktualisasi jika mereka mampu berdamai dengan masa lalunya? Jadi, aku rasa sudah waktunya memanggil kembali sesuatu yang ditekan terlalu lama, kemudian mengajaknya berdiskusi.

Nah, sudah ingin berdiskusi-kah?

Source: visavisaa.tumblr.com 17 September 2015

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s